Selasa, 17 November 2009

NGEJLIMET, TAPI MEMANG BEGITU KALI YA STEREOYTYPE IBU-IBU...

Terkadang gw nggak mengerti jalan pikiran Ibu-Ibu. Biar selisih harga cuma tiga ribu perak, namun bagi Ibu-Ibu, itu sangatlah berarti. Gokilnya lagi, harga tiga ribu perak itu ada di toko yang jaraknya jauh dan menghabiskan ongkos lebih dari selisih harga barang tersebut. Edan nggak tuh saudara-saudaraku?

“Pokoknya kalo beli popok di toko A. Tapi kalo beli susu di toko B. Nah, kalo beli detergen di supermarket C.”

Begitulah Ibu-Ibu. Berpikir murah, tapi kadang nggak praktis. Yaiyalah nggak praktis! Kebayang dong kalo kita mau beli tiga produk, tapi kudu pergi ke tiga supermarket berbeda demi mengejar harga murah, itu namanya nggak praktis bukan?

Ini gw alamni ketika melihat Ibu-Ibu sibuk membeli kebutuhan sekolah dalam tahun ajaran baru ini. Di sebuah toko terkenal di Pasar Sunan Giri, Jakarta Timur, Ibu-Ibu sibuk memilih seragam sekolah anak-anak mereka. Toko itu kecil. Ya, paling-paling cuma 1,5 kali 2 meter persegi. Tapi yang belanja di situ berjubel. Konon kabarnya toko khusus seragam sekolah ini udah senior berada di pasar ini. Selain senioritas, toko ini menjual seragam dengan harga miring.


Ini Pasar Sunan Giri, Rawamanggung, Jakarta Timur. Pasar ini dahulu kala menjadi pasar favorit gw semasa SMP-SMA. Kalo bolos sekolah (dahulu istilah bolos "madol"), gw dan teman-teman nongkrong di Pasar Sunan Giri ini. Dulu di pojok tangga ada tukang kaset, dimana gw selalu membeli kaset di situ, selain di Duta Suara, Sabang. Di seberang pasar, ada bioskop. Sekarang udah disulap jadi ruko. Di samping pasar, ada tukang jual poster.

“Lebih murah dari toko-toko sebelah,” begitu kata salah seorang Ibu berjilbab yang kebetulan akan membeli seragam SD buat anak semata wayang.

Terus terang, sebelum gw diskusi dengan istri, gw berpikir, lebih murah yang dikatakan Ibu berjilbab itu sekitar lima ribu sampai sepuluh ribu. Tapi nyatanya gw salah besar. Murah yang dimaksud itu kurang dari limaribu perak. Berapa?

“Ya paling-paling dua sampai tiga ribu perak,” jawab istri gw.

Halah?!


Toko seragam senior di Pasar Sunan Giri ini memajang tulisan kayak begini. Tujuannya ya buat promosi kalee! Ibu-Ibu jadi tahu toko ini menjual seragam sekolah tertentu. Bukan cuma seragam sekolah di Jakarta, tapi beberapa sekolah di Bekasi juga dijual di Pasar Sunan Giri yang legend ini.

Mendengar ucapan istri, gw langsung menarik tangannya. Sebagai suami yang bertanggung jawab lahir-bathin dan dunia-akhirat, gw merasa malu. Ngapain juga bela-belain berkeringat, umpel-umpelan cuma gara-gara dua ribu sampai tiga ribu perak. Pelit amat sih?!

Yang cari duit gw, buat seragam anak yang bakal dipakai setahun masa pelit amat? Masa beda sedikit aja perhitungan? Tapi barangkali begitu kali ya stereotype Ibu-Ibu. Kalo belanja buat kesenangan diri, harga nggak dipikirkan. Tutup mata. Eh, buat seragam anak, pilih toko yang katanya murah. Yang katanya udah senior. Yang katanya jaminan mutu. Lah, bukankah supplier seragam sekolah itu sama? Ada satu supplier yang kebetulan membuat seragam berkarung-karung lantas di-drop di beberapa toko Pasar Sunan Giri. Kenyataannya memang begitu.


Ini salah satu toko seragam yang nggak begitu penuh. Ada toko seragam lain di Pasar Sunan Giri yang katanya lebih senior dan murah. Padahal selisih harganya cuma dua-tigaribu perak. Halah?! Malu-maluin amat sih cuma murah segitu aja bela-belain berkeringat umpel-umpelan.


Gw langsung menyeret tangan istri dan seraya berkata: jangan pernah malu-maluin suamimu ini. Biar bukan konglomerat. Biar belum menjadi Pengusaha termasyur, tapi kalo soal selisih dua sampai tiga ribu perak, gw masih mampu. Gw bilang juga ke istri, jangan jadi kayak Ibu-Ibu pelit itu. Ibu-Ibu yang selalu berhitung murah, tapi berpikir ngejlimet. Pergi ke toko A buat beli barang B. Pergi ke toko B buat beli barang C. Kalo di supermarket ada barang B dan barang C, ngapain ngabis-ngabisin ongkos kesana-kemari?

Akhirnya Tuhan mempertemukan juga pada toko seragam yang memang nggak jauh-jauh amat harganya dengan toko yang dikatakan senior itu. Di toko yang sederhana itu, sebuah paket seragam dan peralatan sekolah sama harganya dengan toko senior. Yang pasti, saat belanja, gw merasa nyaman. Nggak berdesak-desakan dengan Ibu-Ibu yang kebetulan ada di antara mereka yang bau ketek. Gw juga merasa aman, jadi nggak dilirik Ibu-Ibu, karena ketampanan gw saat ini sedang happening di jagat raya ini. Ngeri aja kalo Ibu-Ibu itu melihat gw dan mereka nggak jadi beli seragam, yang ada akan terjadi jumpa fans mendadak di Pasar Sunan Giri. At least ada yang minta tanda tangan atau sekadar foto bareng gitu deh.

all photos copyright by Brillianto K. Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar