Selasa, 17 November 2009

LATIHAN (BENAR-BENAR) PENSIUN

Tentu buat pekerja keras, ketika masa pensiun sudah didapat, sungguh sulit sekali memberhentikan segenap energi dan pikiran buat fokus benar-benar pensiun. Pasti ada hal yang saya sebut sebagai culture shock atau gagap budaya, dari budaya bekerja keras jadi budaya menjadi 'orang rumahan'.

"Selama masih mampu dan produktif, masa nggak boleh tetap kerja?"

"Boleh, dong. Siapa yang melarang?"

Kata orang bijak, tetap semangat meski usia tak lagi muda. Bahkan Ustadz yang sempat ceramah di sholat Ied di lapangan sepakbola tempat saya sholat, mengatakan: "Selama kita berpikir tua, kita akan merasa tua. Isilah hidup kita dengan hal yang bermanfaat sampai akhir hayat kita."

Menurut saya, pernyataan Ustadz itu benar. Selama kita hidup, kita harus terus memberikan manfaat buat banyak orang. Tapi manfaat buat orang banyak bukan cuma urusan dunia aja, kejar pula akhirat. Mengejar materi sampai usia tua, itu tidak selalu bermanfaat. Namun menyumbangkan ilmu agar orang lain mengerti dan hal-hal positif lain, itu yang justru luar biasa. Ingat, doa yang terkabul yang akan membantu kita agar diringankan di alam kubur salah satunya ilmu yang bermanfaat, selain amal sholeh.

Pakdeku satu ini mencoba menurunkan ilmu golf-nya pada anak kami. Memang sih ilmu golf nggak penting, tapi buat anak kami cukup penting. Soalnya, anak kami ini pengemar main golf. Maksudnya main golf bohong-bohongan, bo! Dengan menularkan ilmu main golf, diharapkan anak kami jago main golf.




"Masih mending nantinya jadi pemain golf, daripada diajarin jadi Caddy, wah itu bukan ilmu bermanfaat namanya, tapi calon pengganti Rani tuh namanya..."

Pakde kami yang populer dengan sebutan 'Ayah' ini bukan saja ingin menurunkan ilmu ke anak kami, tapi sedang melatih diri buat benar-benar pensiun alias nggak bekerja lagi. Nggak heran, selain menurunkan ilmu golf pada anak-anak kecil, masa pensiun nanti akan dihabiskan buat memancing.

"Nggak apa-apalah memancing ikan, daripada memancing keributan bisa berbahaya, ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar