Sabtu, 07 Mei 2016

NGGAK PAKE KIPAS ANGIN LAGI DEH...

Kurang lebih sudah dua tahun AC di kamar kami dan anak-anak "nganggur". Entah kenapa, dua tahun lalu Tukang AC tak mampu memperbaiki kerusakan pada AC kami. AC di kamar kami dikatakan sulit buat berfungsi. Ada suku cadang yang wajib dibeli dan itu sudah jarang, nggak tahu dimana mendapatkannya lagi. Sementara, AC di kamar anak-anak juga dikatakan oleh sang Tukang AC kipasnya sudah lemah dan kondisi "miris" lainnya.

Begitu tahu kedua AC kami nggak berfungsi lagi, saya dan istri memutuskan buat ganti haluan ke kipas angin. Ya, agak "old fashion" juga menggunakan AC. Ups! Maaf, bukan saya merendahkan teman-teman yang sekarang masih pakai kipas angin, lho. Bukan. Di sini kami saja yang merasakan seperti kembali ke saat saya dan istri masih anak-anak sampai remaja, dimana kipas angin sebagai alat buat "mengusir" hawa panas.



Sepanjang AC nggak difungsikan lagi, kami dua kipas angin besar. Satu kipas angin buat kamar kami, satu lagi buat kamar anak-anak. Satu kipas angin kami sering dinaik turunkan dari kamar kami. Oh iya lupa, kamar kami ada di lantai 2, sementara ruang tamu lantai dasar. Oleh karena pusat "keramaian" ada di lantai dasar, maka butuh "pengusir" hawa panas. That's why kipas angin sebagai solusi. Dan kipas angin dari kamar saya yang jadi "korban".

Kok nggak beli aja kipas angin lagi? Hmmm...gimana ya? Maaf, bukan nggak ada duit buat beli kipas angin baru. Tapi rasakan kok kebanyakan amat punya kipas angin sampai tiga. Jadi, ya nggak apa-apalah saya sedikit kerahkan tenaga buat menaik-turunkan kipas angin. Toh, berat kipas angin nggak sampai 1 ton.

Itu kejadian dua tahun lalu.

Alhamdulillah, kami berkenalan dengan Tukan AC berbeda. Kita sebut saja Tukang AC ini dengan nama Pak B. Kalo sebelumnya, Tukang AC yang nggak mampu membetulkan AC kami kita namakan Pak A. Nah, si Pak B ini ternyata "canggih". Dia nggak perlu membeli suku cadang atau apa pun yang bisa "menghidupkan" AC kami yang sudah dua tahun mati itu. Cukup diberikan freon, AC pun dingin nggak ketulungan.

"Jenis AC punya Ibu ini harusnya bisa awet sampai 15 tahunan," tutur Pak B pada istri saya.

Wah, berita gembira tuh! Tadinya kami memang sudah berencana membeli AC lagi. Anak-anak beberapa kali protes, pake kipas angin tetap gerah. Iya sih, saya dan istri juga merasakan hal yang sama, walau kami sempat memendam rasa gerah itu. Makanya kami sempat diam-diam ingin membeli AC baru.

Namun, kerja keras Pak B membetulkan AC lama kami, berhasil. AC dingin kembali. Padahal, AC ini sudah dua tahun nggak berfungsi. Dan usianya sudah lebih dari 10 tahun. Alhamdulillah, uang yang sudah kami alokasikan untuk AC baru bisa kami tabung. Tahu sendiri dong berapa harga AC 1 PK saat ini? Lumayan kan kalo bisa nabung uang buat beli 2 AC, ya nggak?

Ah, sekarang di kamar kami dan anak-anak nggak pake kipas angin lagi deh. Sekarang saya nggak perlu menurunkan dan menaikkan kipas angin lagi deh. Kipas angin bisa stand by selalu di ruang tamu.

Terima kasih Pak B! Terima kasih Panasonic!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar